Sabtu, 03 Desember 2011

penyebab kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker/tumor ganas yang berkembang di dalam kelenjar prostat. Kelenjar ini terdapat di bawah kandung kemih pria; berfungsi untuk mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan yang menghasilkan air mani. Setelah pria berusia 50 tahun, biasanya prostat akan membesar secara bertahap. Pembesaran prostat pada usia lanjut adalah hal yang normal. Namun, pada beberapa pria, sel prostat mengalami mutasi dan berkembang di luar kendali sehingga menyebabkan pembesaran prostat abnormal. Sel yang sudah bermutasi (sel kanker) dapat menyebar secara metastasis dari jaringan prostat ke bagian tubuh yang lain. Sebagai ilustrasi mengenai prostat normal dan kanker prostat.

Kanker prostat paling sering dijumpai pada pria yang berusia di atas 60 tahun. Penyebab kanker prostat sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, tapi berikut adalah faktor risiko kanker prostat:
  • Pria berusia di atas 60 tahun
  • Pria kulit hitam dan kulit putih lebih beresiko terkena kanker prostat dibandingkan pria Asia
  • Faktor genetik: jika ayah atau saudara Anda terkena kanker prostat di usia muda, maka resiko Anda lebih tinggi
  • Diet tinggi lemak dan rendah serat
  • Paparan logam kadmium
  • Obesitas / kegemukan
Untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat, sebaiknya biasakan pola hidup sehat, jangan makan daging merah / lemak / minyak  berlebih, dan perbanyak konsumsi buah dengan kadar serat dan antioksidan tinggi.

http://kankerprostat.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar